Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Wednesday, January 27, 2016

Contoh Isi Proposal Pengajuan Usaha Budidaya Ikan Lele



A.      Latar Belakang

Undang-Undang No. 10 Tahun 1992 tentang Perkembangan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera merupakan upaya menyeluruh dan terpadu yang dilaksanakan oleh unsur-unsur pemerintah, swasta, dan masyarakat umumnya untuk meningkatkan kualitas keluarga 
agar tercapainya kondisi keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani.

Salah satu upaya  dalam mewujudkan keluarga sejahtera adalah dengan mengembangkan usaha ekonomi dan menumbuhkan serta memupuk jiwa kewirausahaan khususnya masyarakat nelayan, petani maupun masyarakat ekonomi menengah kebawah. Sebab keterbelakangan sosial ekonomi adalah permasalahan pokok yang harus dipecahkan secara serius. Agar minat / gairah berwirausaha masyarakat di lingkungan Kabupaten Pandeglang dapat tumbuh dan berkembang tentu dibutuhkan pemikiran dan tindaklanjut dari Pemerintah terkait.

Usaha di bidang perikanan dalam hal ini perikanan budidaya saat ini dapat dijadikan usaha andalan dan juga sebagai usahah alternatfe bagi nelayan jikalau nelayan tersebut sedang tidak melaut dikarenakan sedang musim angin barat maupun rusaknya alat tangkap.  Kelompok Usaha Kecil adalah salah satu dari sekian diantara pelaku usaha kecil yang perlu dikembangkan, sebab kapasitasnya kecil mampu menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Pandeglang. Namun demikian, kendala yang dihadapi masyarakat untuk mengembangkan usahanya adalah berkaitan dengan sisi permodalan. Oleh sebab itu, Pemerintah dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan perlu memberikan dukungan penuh melalui program programnya  kepada pelaku usaha khususnya kepada kami pelaku usaha perikanan kecil yang memiliki modal pas-pasan.

  1. Dasar Pengajuan
Semangat berwirausaha dari masyarakat Kabupaten Pandeglang dibidang perikanan  dibidang budiddaya ikan  yang berkah sesuai dengan motto Kabupaten Pandeglang.  Oleh sebab itu, para usaha kecil yang ada dalam wadah Kelompok “hikmah alam” Yang terletak di Kp. Babakan Jati Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten pandeglang Provinsi Banten ini  merupakan tumpuan harapan hidup kami yang tengah berupaya untuk memajukan dan mengembangkan usahanya.
  1. Misi
-       Meningkatkan peran serta dalam pembangunan sosial ekonomi di Kabupaten Pandeglang
-      Pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat terhadap penangananpengangguran dan kemiskinan.
-       Pemberdayaan petani dan Nelayan

  1. Visi
- Mengembangkan usaha di bidang budidaya ikan  sebagai wadah untuk mensejahterakan anggota keluarga khususnya dan masyarakat Pandeglang  pada umumnya.
-    Memajukan dan mengembangkan usaha sesuai potensi yang ada sehingga dapat dan mampu meningkatkan taraf hidup bagi anggota dan keluarga maupun masyarakat nelayan  Kabupaten pandeglang.


  1. Pencapaian Target
Target pemasaran kami meliputi beberapa kota yang ada di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta dan tak menutup kemungkinan pasar ekport. Kami berharap dengan adanya bantuan permodalan dari pemerintah target pemasaran kami mampu menjangkau wilayah tersebut. Pokdakan hikmah alam menargetkan produksi sekitar 15.000 kg Pertahun.
  1. Potensi Usaha
-          Strengths (kekuatan)
-          Letak geografis Kecamatan Panimbang sangat memungkinkan untuk mengembangkan budidaya ikan lele dengan metode menggunakan polibeg / terpal dan kolam disamping kondisi air  yang mendukung, dekat dengan sumber air ditambah pula dengan ketersedianya bahan pakan karena didukung dengan adanya 3 (tiga) Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  yakni TPI Panimbang, TPI Citereup, dan TPI Sidamukti.
-          Weakness (kelemahan)
Yang paling berpengaruh dalam usaha budidaya ikan lele  adalah banyaknya kebutuhan pakan dan kurangnya  ketersediaan bibit ikan, sehingga usaha ini perlu didorong dan dibantu  oleh pemerintah agar target produksi benar benar bisa tercapai
-          Opportunity (peluang)
Peluang Usaha budidaya ikan lele dengan metode polibeg / terpal dan kolam  ini sangat menjanjikan keuntungan, karena permintaan yang sangat tinggi ditambah harga yang cukup varaiatif  untuk ikan lele ini. Dan yang paling menjajnjikan adalah potensi untuk pasar lokal yang terbuka lebar. Selain relatif mudah dalam proses pembesarannya,. Usaha ini menyerap banyak tenaga kerja,  ini merupakan potensi yang bernilai ekonomi bagi siapapun yang ingin terjun dalam usaha ini, modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak terlalu besar, usaha ini cukup dilakukan dengan managemen yang sederhana. Dengan Keuletan, kesabaran dan kedisiplinan usaha ini pasti akan membuahkan hasil yang maksimal.
-          Threats (ancaman)
Resiko usaha budidaya ikan ini adalah faktor alam dan faktor manusia, faktor alam dimanana ketika terjadi musim hujan, banyak kolam  yang rusak karena banjir tetapi hal ini dapat diantisipasi dengan menempatkan kolam / polibek  pada tempat yang tinggi dan terlindung dari banjir , untuk desa Panimbanngjaya Kecamatan Panimbang daerah yang cocok untuk penempatan usaha ini adalah derah Kampung  Babakan jati dan Kampung Huni. Faktor manusia adalah sering terjadinya tindakan pengrusakan dan pencurian yang disengaja maupun yang tidak disengaja tapi hal ini bisa diantisipasi dengan mengadakan rumah jaga dan harus ada kerjasama dengan pihak pemuda setempat dan pihak keamanan.





 G.     PENUTUP
Proposal pengajuan usaha Budidaya Ikan air tawar ini adalah sebuah usulan dari kami sebagai petani dan nelayan kecil yang ingin mengembangkan usaha dibidang perikanan  budidaya yang sangat prosfektif sekali untuk dikembangkan diwilayah Kecamatan Panimbang, dimana potensi alam yang melimpah dan mendukung harus kita mamfaatkan seoptimal mungkin untuk kepentingan kita bersama. Kami selaku pengurus Kelompok Budidaya Ikan hikmah alam mohon maaf yang sebesar besarnya apabila dalam penyusunan proposal ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan, kriktik saran yang membangun sangat kami harapkan dari semua pihak. Semoga program usaha budidaya ikan lele ini membawa mamfaat bagi kita semuanya, Amin….

Populer Bulan Ini