Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Thursday, January 28, 2016

Perakitan Bagan Kerang Hijau Secara Swadaya Di Panimbang Banten


Kerang Hijau (perna viridis) merupakan salah satu komoditas laut unggulan di Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi banten, dan daerah ini sudah ditetapkan menjadi Kawasan Minapolitan sesuai Keputusan Mentri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No.Kep.32/MEN/2010 tentang Penetapan Kawasan Minapolitan.

Namun walaupun dengan dukungan dasar hukum tersebut, penerapan dilapangannya tidak sejalan dengan apa yang diharapkan, sehingga potensi tersebut belum dimamfaatkan dengan sempurna. dikarenakan terkait penganggaran program pemerintah yang tidak pas waktu, disamping itu juga masyarakat sekitar juga belum melirik usaha budidaya kerang hijau ini sebagai mata pencaharian yang utama. padahal menurut uji laboratorium baik dari Kementrian Kelautan dan Perikanan maupun dari Institut Pertanian Bogor (IPB) kerang hijau dari kawasan Panimbang dinyatakan bebas limbah dan  bebas logam berat.

atas dasar itu saya pribadi dan rekan rekan dari kelompok serta didukung oleh seorang rekan pengusaha dari jakarta melihat hal ini sebagai sebuah peluang usaha, maka kami sebagai putra daerah yang ingin memajukan daerahnya sendiri dan tidak ingin menjadi penonton akhirnya berniat untuk mendirikan bagan budidaya kerang hijau secara swadaya bukan hanya mengandalkan program dari pemerintah. untuk awalnya dengan didukung rekan pengusaha dari jakarta akhirnya kami berhasil mendirikan 3 unit bagan kerang hijau swadaya.

mengingat peluang usaha ini masih terbuka lebar dan pasar yang menjanjikan bahkan untuk ekspor, tentunya usaha budidaya kerang hijau ini harus dimamfaatkan dan didukung dengan sebaik-baiknya agar masyarakat pesisir bisa terangkat perekonomiannya. bahan bahan nya pun cuman bambu dan beberapa jenis tali yang tidak banyak memakan biaya. berikut ini adalah proses perakitan bagan budidaya kerang hijau ukuran 10 x 30 meter (Minimal 10 ton kerang hijau sekali panen).


Berikut ini adalah proses pendirian bagan kerang hijau:




















Kami juga memberikan kesempatan kepada anda yang berminat untuk berinvestasi dibisnis ini atau pun yang siap menampung dan menerima kerang hijau dari usaha budidaya ini bisa menghubungi saya Azis Azhari untuk informasi dan mekanismenya.

Mengkonsumsi Kerang Hijau (Perna Viridis) ini banyak sekali mamfaatnya.
Berikut Adalah Manfaat Dari mengkonsumsi Kerang Hijau :
1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

3. Mengatasi Nyeri Sendi

4. Membantu Mengatasi Nyeri Arthritis

5. Membantu Mengatasi Asma Dan Bronkitis

6. Meningkatkan Stamina dan Vitalitas


Populer Bulan Ini