Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Friday, February 26, 2016

Alat Tangkap Ikan Bagan Apung

Alat Tangkap Ikan Bagan Apung - Bagan Apung adalah sejenis alat tangkap ikan terbuat dari bambu yang disusun sedemikan rupa agar bisa mengapung ditengah laut. dibentuk dengan rangkaian bambu berbentuk segi empat, pada bagian tengah bagan dipasang jaring/waring. pada dasarnya alat ini terdiri dari bambu, jaring yang berbetuk segi empat uang dikatkan pada bingkai yang terbuat dari bambu, pada keempat sisinya terdapat bambu bambu yang menyilang agar bagan itu bisa kokoh berdiri. ditengah tengah ada bangunan rumah sederhana berfungsi sebagi pelindung, menaruh lampu, dan melihat ikan.


Diatas bangunan juga terdapat Roller / pemutar yang berfungsi ubtuk menarik jaring keatas, jaring yang digunakan adalah jaring ukuran 0,4 cm dengan posisi terletak pada bagian bawah bangunan yang dikaitkan pada bingkai dari bambu berbentuk segi empat dan pada keempat sisi jaring diberi pemberat agar jaring bisa tenggelam kedasar laut.



Operasional alat tangkap ini pada malam hari dengan alat bantu berupa beberapa lampu yang digantung dibawah bangunan rumah bagan, setelah lampu dinyalakan nelayan tinggal menunggu ikan ikan berkumpul setelah dirasa ikan sudah banyak barulah jaring diangkat secara perlahan lahan agar ikan tidak mudah kabur. umumnya ikan yang banyak dicari oleh nelayan bagan adalah jenis ikan teri, karena harganya yang cukup mahal.

Ikan yang terkumpul akan dimasukan kedalam wadah rombong atau basket, dan dikasih batu es agar terjaga kesegarannya, menjelang pagi hari barulah ikan itu dibawa kedarat untuk dijual di Tempat Pelelangan Ikan.

Populer Bulan Ini