Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Sunday, February 7, 2016

Harga Bambu Naik, Nelayan Bagan Bingung

Bagan Apung

Nelayan bagan di Pandeglang Selatan, Khususnya nelayan bagan apung akhir akhir ini mulai resah dengan naiknya harga bambu sekarang ini. Bambu merupakan bahan utama untuk membuat bagan, karena 80% bagan itu terbuat dari bambu. "haraga bambu tahun ini untuk ukuran besar sudah mencapai 35.000 Rupiah perbatang. kalau tahun kemarin masih sekitar 25.000 sampai 28.000 rupiah perbatang" ujar Jamsari, salah seorang nelayan di Panimbang, Pandeglang. 

Naiknya harga bambu ini disebabkan salain permintaan yang tinggi juga semakin berkurangnya lahan tanaman bambu yang ada diwilayah Pandeglang Selatan. Wirya salah seorang penjual bamu mengatakan " Kalau dulu bambu itu mudah ditemukan disepanjang wilayah aliran sungai, kalau sekarang sudah gak ada lagi yang ada malah diwilayah pedalaman dan perbukitan, otomatis biaya juga bertambah karena harus mengangkut bambu tersebut di pinggiran sungai atau di jalan raya yang bisa diakses oleh kendaraan pengangkut" ujarnya kepada admin.


Nelayan sedang merakit bagan

Sebagaimana diketahui bambu itu butuh tumbuh besar membutuhkan waktu selama 2 tahun, tapi setiap tahunnya permintaan malah semakin tinggi dan itu tidak sebanding dengan jumlah lahan bambu yang ada. untuk satu unit bagan apung dibutuhkan sekitar 200 batang bambu yang besar dan dengan perawatan yang baik bagan itu bisa bertahan hingga 2 tahun. 

Populer Bulan Ini