Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Saturday, February 13, 2016

Kelompok Duta Laut Kembangkan Kerupuk Kerang Hijau


Potensi Kekerangan terutama kerang hijau di Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Pandeglang Banten masih sangat besar dan hal ini tentunya harus bisa dimamfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. saat ini ada sekitar kurang lebih sepuluh unit bagan budidaya kerang hijau yang ada di wilayah ini baik itu swadaya, investor, ataupun dari program pemerintah.


Hasil panen Kerang hijau dari panimbang banten biasanya dikirim ke Kota serang dan Jakarta, sisanya yang sekitar 20 % dijual dipasar lokal di wilayah Kabupaten Pandeglang. hal ini dikarenakan masyarakat nelayan setempat belum bisa memamfaatkan potensi kerang hijau yang besar ini. atas dasar tesebut beberapa masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Duta Laut dan satu kelompok lainnya bermaksud memamfaatkan potensi kerang hijau melalui produk olahan dengan mengembangkan Kerupuk Kerang Hijau.

Untuk saat ini kerupuk kerang hiaju hanya dipasarkan diwilayah Panimbang dan sekitarnya karena masih kurangnya bahan baku, dan hal ini pun disiasati oleh kelompok duta laut dengan mendirikan 3 unit bagan budidaya kerang hijau secara swadaya agar kedepannya bahan baku bisa tetap kontinue dan juga dengan memamfaatkan alat alat pengolahan yang didapat dari Porgram Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang.




Populer Bulan Ini