Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Tuesday, February 9, 2016

Air Laut Sedang Pasang Besar Ditambah Musim Hujan, Waspada Banjir


Dampak El Nino telah menyebabkan musim hujan terlambat dibandingkan normalnya. Cuaca kering bertahan dan hujan jarang turun. Bahkan, di beberapa tempat, khususnya di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, curah hujan terjadi penurunan. menurut beberapa pengamat bulan februari ini merupakan puncaknya hujan untuk beberapa wilayah di Indonesia

Menjelang atau pun pas imlek  yang biasanya selalu turun hujan harus diwaspadai juga, karena dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 12 februari posisi air laut juga dalam keadaan pasang besar, akibat dari datangnya siklus bulan baru. apabila kondidsi ini dibarengi dengan hujan besar ataupun hujan terus menerus dipastikan beberapa wilayah di Indonesia yang selama ini mejadi langganan banjir pasti akan banjir.

Banjir di Pandeglang Banten

Kenapa Banjir juga ada kaitannya dengan oisisi air laut. Kondisi saat air laut naik disebut pasang naik. Kondisi ini terjadi dua kali, yaitu pada saat bulan purnama dan bulan baru. Di belahan bumi yang mengalami bulan purnama, jarak antara air laut dan pusat bulan lebih dekat daripada jarak antara pusat bumi dengan pusat bulan. Akibatnya, gravitasi bulan menarik air laut lebih kuat daripada bumi. Ini mengakibatkan air laut sedikit menggembung terhadap permukaan bumi dan jadilah pasang naik. Sebaliknya, di belahan bumi yang mengalami bulan baru, jarak air laut dan pusat bulan lebih jauh daripada jarak antara pusat bumi dengan pusat bulan. Akibatnya, gravitasi bulan menarik bumi lebih kuat daripada air laut di bagian tersebut. Ini mengakibatkan air laut juga sedikit menggembung terhadap permukaan bumi dan jadilah pasang naik. 


Kondisi sekarang adalah posisi air laut sedang pasang ditambah mulai musim hujan dibeberapa wilayah Indonesia. ketika air pasang maka aliran sungai juga akan terhambat untuk mengalir kelaut akibatnya air sungai akan meluap kedaratan. Jadi untuk anda yang wilayahnya selalu menjadi langganan banjir harap selalu waspada dan siap siaga untuk mengantisipasi datangnya banjir.

Populer Bulan Ini