Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Sunday, February 21, 2016

GAWURAN...!!! Sebuah Tardisi Unik


Kali Ini ane akan membahas tentang sebuah adat istiadat yang terbilak unik, biasa budaya ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur karena telah diberi rezeki, keselamatan ataupun telah dikabulkan keinginannya oleh tuhan yang maha esa.

Gawuran adalah salah satu bentuk syukuran dengan berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan sesama. Gawuran biasanya dilakukan dengan meng"Gawurkan" atau melemparkan sejumlah uang (biasa'y uang koin/logaman terkadang juga ditambahkn permen) kepada orang2 yang sudah siap meunggu untuk memperebutkan uang logaman yang di "Gawurkan"/lemparkan tuan rumah.

Gawuran atau mungkin didaerah lain dikenal dengan nama saweran ini bisanya di daerah mimin dilakukan untuk merayakan hari jadi/ulang tahun, acara sunatan, pernikahan, merayakan hajat yang terkabul dll. Yang intinya adalah brsyukur dengan cara berbagi rezeki dan kebahagian dengan sesama.

Meski jumlah uang yang di Gawurkan tidak seberapa dan hanya berupa uang koin/logaman. Acara Gawuran selalu diminati dan ramai di hadiri orang2/tetangga sekitar yang mengadakan acara Gawuran. Karena didalam acara Gawuran selalu tercipta suasana keceriaan & keakraban satu sama lain.

anda bisa melihat ritual unik ini dengan menyaksikan videonya Disinih


Populer Bulan Ini