Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Tuesday, February 23, 2016

Napak Tilas Satu Tahun Setelah Kunjungan Presiden Joko Widodo Ke Panimbang


Hari ini tanggal 23 Februari 2016, atau tepatnya setahun yang lalu hari selasa tanggal 23 Februari 2015 merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat Desa Panimbangjaya dan umumnya masyrakat Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Banten. yah ditanggal ini setahun yang lalu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung atau istilahnya blusukan ke Kecamatan Panimbang. 

Sebenarnya agenda resminya adalah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, tapi seperti kebiasaan jokowi umumnya adalah blusukan ke masyarakat. Pas malam hari sebelum kedatangan presiden, banyak kendaraan dan orang berbadan hilir mudik di Tempat Pelelangan Ikan Panimbang, rupanya tempat ini akan dijadikan tempat blusukan sang presiden. malam itu pula tak tanggung tanggung Bupati Pandeglang di dampingi Kepala DKP Pandeglang ikut memantau persiapan di TPI Panimbang, blusukan ke TPI Panimbang ternyata diluar skenario, tak terjadwal dan tentunya dadakan, selain di TPI Panimbang presiden juga berencana mengunjungi pondok pesantren Bani Ustman Panimbang. makin malam makin banyak orang yang berkumpul terutama masyarakat sekitar TPI, karena mendengar bahwa Presiden Jokowi akan berkunjung ke kampungnya. masyarakat jua bergotong royong merapihkan areal TPI dan menyiapkan kursi dan meja seadanya ala nelayan. sebenarnya sudah disiapkan beberapa kursi duduk tapi dilarang oleh staf protokoler presiden karena ingin biasa saja pake tempat duduk dari bambu ala nelayan, pake kursi pedagang ikan, bahkan kursi duduk untuk presiden pun diambil dari tukang jualan nasi uduk yang terbuat dari bambu.

Menjelang siang hari sudah banyak warga yang berkumpul di sekitar TPI, aparat keamanan bersiaga, paspampres pun siaga satu, media nasional pun sudah berkumpul. tepat jam 11.00 wib presiden jokowi pun datang beserta rombongan dan langsung menuju tempat pengolahan ikan yang berada di komplek Tpi Panimbang. sang presiden pun  berbincang dan mendengarkan dengan seorang ibu pengolah ikan yang masih duduk bersimpuh sambil memijah ikan. setelah berbincang sejenak presiden pun memeberi bantuan kepada para nelayan dan pengolah ikan serta membagikan buku tulis untuk anak anak.

Selepas itu presiden dan rombongan menuju aula Tpi Panimbang dimana para nelayan dan masyarakat sudah menunggu untuk bertemu, presiden duduk ditengan baku panjang khas nelayan didampingi oleh Mentri Perekonomian, Gubernur Banten, dan Bupati Pandeglang. para nelayan pun tak menyianyiakan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Presiden, kebanyakan yang dibahas adalah terkait bantuan untuk nelayan dan masalah Permen No.02 tahun 2015 tentang pelarangan beberapa alat tangkap. selepas wawancara dengan para nelayan Presiden Jokowi pun keluar aula untuk wawancara dengan puluhan media nasional baik cetak maupun elektronik, dibarengi dengan pembagian beras buat warga. lewat pukul 12.00 wib presiden pun pergi meninggalkan Tpi menuju Pondok Pesantren Bani Ustman untuk bertemu dengan pengurus pesantren dan para santri. jokowi disambut salawatan ratusan santri, setelah bertemu pengurus pesantren tak lupa juga membagaikan beras dan buku kepada warga sekitar.


Agenda berikunya adalah Presiden dan rombongan makan siang disebuah rumah makan sederhana masih dikawasan Panimbang, rumah makan itu bernama 'Saung Mang Sam'un" ditempat ini Jokowi pun sempat poto bersama anak anak dan warga sebelum meninggalkan Panimbang. dan sampai sekarang menu ikan dirumah makan tersebut berganti nama menjadi Ikan Bakar Presiden. (bersambung)


Populer Bulan Ini