Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Thursday, March 3, 2016

Mau Lihat Gerhana Matahari Total? Ini Jadwalnya

Mau Lihat Gerhana Matahari Total? Ini Jadwalnya - Gerhana matahari total akan jatuh pada 9 Maret 2016. Ini artinya, tak lama lagi sebagian wilayah Indonesia akan mengalami fenomena langka tersebut. Meski begitu, tidak semua masyarakat Indonesia bisa menyaksikan gerhana matahari total (GMT)secara penuh.

Seperti dikutip dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), peristiwa ini akan terjadi di pagi hari. Berikutjadwalnya.




Khusus untuk wilayah Indonesia bagian barat, gerhana akan dimulai pukul 06.20 WIB di wilayah Palembang, termasuk Jakarta. 

Sedangkan wilayah Bangka Belitung akan dimulai pukul 06.21 WIB, puncaknya sendiri akan mencapai pukul 07.30 WIB. Kalau untuk wilayah Bengkulu, gerhana akan mencapai puncak pada pukul 07.19 WIB.

Untuk wilayah tengah dan timur, akan dimulai pukul 07.27 WITA khusus untuk Palu dan sekitarnya. Sedangkan untuk Ternate, gerhana akan dimulai pukul 08.36 WIT. Puncaknya akan mencapai pada pukul 09.52 WIT.

Sementara, untuk durasinya, seperti dikutip dari liputan6.com  Gerhana Matahari Total (GMT) akan berlangsung beberapa menit. Berikut daftar durasinya:
  • Palembang (1 menit 52 detik)
  • Bangka Belitung (2 menit 10 detik)
  • Balikpapan (1 menit 9 detik)
  • Luwuk (2 menit 50 detik)
  • Sampit (2 menit 8 detik)
  • Palu (2 menit 4 detik)
  • Ternate (2 menit 29 detik)
  • Palangkaraya (2 menit 29 detik)
  • Poso (2 menit 40 detik)
  • Halmahera (1 menit 36 detik)
Wilayah yang terkena Gerhana Matahari Total di Indonesia

Awas, jangan melihat secara langsung ke matahari ketika terjadi Gerhana Matahari karena akan berbahaya, lebih baik pake cara ini biar aman:

Berkaca pada genangan. Kamu mungkin sering mendengar berbagai cara aman agar sinar matahari saat gerhana total tak merusak mata. Kebanyakan, orang menggunakan kaca mata khusus untuk melindungi mata. Tapi, tahukah kamu ada cara yang lebih murah dan klasik selain kaca mata? Yaitu melalui genangan air di dalam baskom yang diletakkan di bawah bayangan matahari. Selain aman, cara ini juga bikin kamu tampil keren dan sangat klasik!

Lihat lewat lubang sekecil jarum. Kalau kamu suka fotografi dan mungkin pernah belajar bagaimana cara menangkap gambar lewat sebuah kaleng yang dilubangi, ternyata metode yang mirip seperti ini juga bisa digunakan untuk melindungi matamu saat melihat gerhana matahari total. Dilansir dari situs National Aeronautics and Space Administration (NASA), celah dari lubang jarum ini bisa membentuk sebuah gambar gerhana matahari pada sebuah layar yang diletakkan sekitar 1 meter dari lubang kecil tersebut. 

Gunakan pelindung khusus. Memang, kedua metode di atas tak bisa membuatmu benar-benar melihat gerhana matahari total langsung. Kalau memang sangat ingin melihatnya dengan mata kepalamu sendiri tanpa lewat proyeksi, kamu bisa menggunakan pelindung mata khusus yang bisa melindungi mata. 

**Saksikan juga Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. 

Populer Bulan Ini