Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Monday, March 21, 2016

Pandeglang Selatan Membutuhkan Waduk


Pandeglang Selatan Membutuhkan Waduk - Daerah Pandeglang Selatan seperti kita ketahui bersama sering kali dilanda banjir setiap tahunnya, beberapa Kecamatan diwilayah ini seperti Kecamatan Pagelaran, Patia, Sukaresmi, Panimbang, Sobang, munjul, Sindang Resmi selalu menjadi langganan banjir. Wilayah tersebut ketinggiannya rata rata hanya 1 meter diatas permukaan laut ditambah pula letak geografisnya dikepung oleh dataran tinggi yang ada di Kabupaten Pandeglang Seperti Gunung Karang dan Pulosari di utara Pandeglang, Pegunungan Ujung Kulon di barat Pandeglang dan Kabupaten Lebak di selatannya dengan pegunungan kendeung dan gunung Kencana. Jika terjadi hujan lebat saja selama beberapa jam atau pun setengah hari banjir dipastikan akan mengepung kawasa dataran rendah ini. Banjir juga akan lebih parah jika posisi air laut sedang pasang.

Itu baru banjir, sekarang kita berbicara kekeringannya. ironis memang dikala hujan wilayah ini dilanda banjir sedangkan dikala kemarau wilayah ini pun akan kekurangan air dan mengalami kekeringan yang cukup parah, anda bisa bayangkan jika musim kemarau warga di Kecamatan Sukaresmi dan Patia mau mandi saja harus mengabil air dari wilayah lain yang dekat dengan pantai. 

Pembangunan Waduk

Melihat kondisi seperti itu pembangunan waduk diwilayah ini merupakan sebuah solusi untuk mengatasi masalah banjir dan kekeringan, perlu dicatat pula wilayah ini merupakan kawasan pertanian produktif yang dipunyai oleh Kabupaten Pandeglang apalagi wilayah Kecamatan Panimbang dan Sobang yang bisa dikatakan menjadi lumbung beras nya Pandeglang. jadi dengan adanya waduk nantinya bisa menampung air hujan dan banjir pun bisa di minimalisir, begitu juga jika terjadi kekeringan akibat kemarau kita masih ada cadangan air untuk kebutuhan ataupun untuk pengairan persawahan. (sumber gambar : Wikipedia)


Populer Bulan Ini