Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Tuesday, March 8, 2016

Gerhana Matahari dan Mitos Wanita Hami


Gerhana Matahari dan Mitos Wanita Hamil - Saat ini lagi mewabah fenomena Gerhana Matahari Total di Indonesia, di Televisi, koran, media online, dan media media lainya berita Gerhana Matahari Total selalu menjadi headline. obrolan obrolan di warung kopi dan gosipan ibu ibu pun tak lepas membahas seputar gerhana yang akan terjadi pada hari rbu tanggal 9 maret 2016 dan uniknya peristiwa  ini hanya terjadi di Indonesia.

Bahkan ibu saya sampai bercerita, dulu sekitar tahun 1983 terjadi gerhana matahari total di pulau jawa. suasana siang seketika langsung menjadi redup, ayam, bebek dan binatang lainnya pun pulang ke kandangnya. (dikira hari sudah malam kali, haha ).  


MITOS

Dan salah satu mitos yang berlaku disekitar wilayah banten adalah, jika ada wanita hamil dan kebetulan sedang terjadi gerhana matahari adalah wanita hamil tersebut harus tiduran dibawah ranjang atau tempat tidurnya selama gerhana berlangsung, mitos lainnya adalah wanita hamil harus mandi jika sedang terjadi gerhana bulan. mitosnya jika wanita hamil itu tidak melakukan hal tersebut diatas maka sesuatu yang buruk akan menimpa bayi tersebut. benar dan tidaknya mitos tersebut terserah anda menilainya sendiri.

Ketika terjadi Gerhana Matahari Total tahun 1983 di pulau jawa, ada seorang narasumber mangatakan disuatu wilayah dibanten pada saat itu ada sekitar 10 orang wanita hamil dan semuanya melaksanakan mitos tersebut. yah.. tiduran dibawah ranjang atau tempat tidurnya.

Mitos tetap saja menjadi mitos tergantung cara pemikiran kita, yang jelas  bagi umat islam jika sedang terjadi Gerhana baik gerhana matahari ataupun gerhana bulan maka dilakukan Sholat Gerhana.

Populer Bulan Ini