Selamat Datang di PanimbangOnline Media Informasi dan Saling Berbagi

Wednesday, March 9, 2016

Sudah Efektifkah Pilkada di Indonesia?

Sudah Efektifkah Pilkada di Indonesia? - Jakarta, Banten dan beberapa daerah lain di Indonesia saat ini sedang ataupun dipaksa disibukan dengan aroma politik menjelang Pemilihan Gubernur yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Semua warga pasti menginginkan pemimpin yang terbaik di daerahnya, apalagi daerah di Indonesia bisa dikatakan belum sebanding dengan daerah daerah negara lain di dunia. 

Tapi coba kita bayangkan sejenak dan kita ambil contoh Pilkada DKI Jakarta, saat ini ahok atau Basuki Tjahaya Purnama masih menjabat gubernur DKI Jakarta sampai dengan Tahun 2017, saat ini juga maju menjadi peserta Pilkada Calon Gubernur DKI Jakarta. anda bisa bayangkan satu tahun kedepan jakarta akan disibukan oleh agenda politik, kampanye terselubung, kampanye hitam, perdebatan bahkan perang argumen antar calon. dan saya kira fokusnya bukan lagi membangun jakarta selama sisa waktu 1 tahun kedepan tapi lebih mengutamakan agenda politik ataupun kampanye terselubung bagi setiap peserta Pilkada, dan bukan cuman ahok tapi pejabat pejabat lain yang ikut bermain politik juga pastinya tidak fokus ke pembangunan daerah tapi lebih fokus ke pilkada. kalu sudah begini mau sampai kapan daerah daerah bisa maju atau minimal bisa melayani rakyatnya.

Dan itu baru di Jakarta, bisa anda bayangkan kalau sistem politik seperti itu juga terjadi di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten / Kota Di Indonesia, Wow...!!! sebuah pemborosan waktu dan biaya yang tidak sedikit, kalau sudah begini mungkin kita akan selamanya menjadi bangsa tertinggal. ketika negara lain sudah maju dan mengembangkan teknologi canggih, kita masih disibukan dengan Agenda Demokrasi tiada henti. memang kita hidup di Negara Demokrasi terbesar di dunia tapi masa gara gara demokrasi kita akan selamanya tertinggal. Sepertinya harus ada perubahan sistem dan konsep pilkada di Indonesia agar tidak menghamburkan waktu, tenaga, dan biaya.

Populer Bulan Ini